BLOGWALKING CLICK ADVERTISEMENT AND FOLLOW TWITTER

SEARCH ARTIKEL

GABUNG DISINI !!!

Gabung hanya di sini klik iconnya terimakasih ???

DOWNLOAD VIDEO NARUTO

DESKRIPSI BLOG

Terima kasih sudah berkunjung di www.febrielektro.blogspot.com

jika anda ingin mencopas postingan di blog maka harus mencantumkan link postingan atau di post komentar,

disini blog kami membahas tentang kumpulan tutorial cheat engine, tips cinta, dimana membahas kumpulan pin bbm cewek atau cowok terbaru, berbagai artikel tersedia di sini, kalkulus matematika tapi disini saya lebih menitik beratkan pada update pin bbm setiap sebulan sekali atau lebih, dan artikel terkait tentang pengalaman pribadi blog ini

salam kreatif febrielektro.blogspot.com

jangan lupa berkunjung kembali

terima kasih banyak


Kunjungi Juga

Minggu, 15 November 2015

SOAL DAN PEMBAHASAN MANAJEMEN PERAWATAN MESIN

1. LANDASAN TEORI ??
Beberapa pengertian perawatan (maintenance) menurut ahli :
Menurut Corder (1988), perawatan merupakan suatu kombinasi dari tindakan
yang dilakukan untuk menjaga suatu barang dalam, atau untuk
memperbaikinya sampai, suatu kondisi yang bisa diterima.

Menurut Assauri (1993), perawatan diartikan sebagai suatu kegiatan
pemeliharaan fasilitas pabrik serta mengadakan perbaikan, penyesuaian
atau penggantian yang diperlukan agar terdapat suatu keadaan operasi
produksi yang sesuai dengan yang direncanakan.

Menurut Dhillon (1997), perawatan adalah semua tindakan yang penting
dengan tujuan untuk menghasilkan produk yang baik atau untuk
mengembalikan kedalam keadaan yang memuaskan.

Tujuan :
Sedang tujuan dilakukan perawatan menurut Corder (1988) adalah
antara lain:
Memperpanjang kegunaan aset (yaitu setiap bagian dari suatu tempat
kerja, bangunan dan isinya)
Menjamin ketersediaan optimum peralatan yang dipasang untuk produksi
atau jasa untuk mendapatkan laba investasi semaksimal mungkin
Menjamin kesiapan operasional dari seluruh peralatan yang diperlukan
dalam keadaan darurat setiap waktu
Menjamin keselamatan orang yang menggunakan sarana tersebut

2. Pembagian Maintenance
Tipe maintenance dapat dibagi kepada :
A. Perawatan waktu rusak (breakdown maintenance) :??
Jawab :
Breakdown Maintenance merupakan perbaikan yang dilakukan tanpa adanya rencana terlebih dahulu. Dimana kerusakan terjadi secara mendadak pada suatu alat/produk yang sedang beroperasi, yang mengakibatkan kerusakan bahkan hingga alat tidak dapat beroperasi. Contoh kerusakan tesebut pada pompa adalah:
Rusaknya bantalan karena kegagalan pada pelumasan
Terlepasnya couple penghubung antara poros pompa dan poros penggeraknya akibat kurang kencangnya baut-baut yang tersambung. Macetnya impeller karena terganjal benda asing.

B. Perawatan rutin (routine maintenance)??
Jawab :
Pemeliharaan rutin adalah usaha pemeliharaan terhadap unit-unit instalasi yang dilakukan secara rutin dan periodik dengan interval waktu pelaksanaan yang tetap dan singkat.



C. Perawatan korektif (corrective maintenance)??
Jawab :
Corrective Maintenance merupakan pemeliharaan yang telah direncanakan, yang didasarkan pada kelayakan waktu operasi yang telah ditentukan pada buku petunjuk alat tersebut. Pemeliharaan ini merupakan ”general overhaul” yang meliputi pemeriksaan, perbaikan dan penggantian terhadap setiap bagian-bagian alat yang tidak layak pakai lagi, baik karena rusak maupun batas maksimum waktu operasi yang telah ditentukan.

D. Perawatan pencegahan (preventive maintenance)??
Jawab :
Preventive Maintenance merupakan tindakan pemeliharaan yang terjadwal dan terencana. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi masalah-masalah yang dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen/alat dan menjaganya selalu tetap normal selama dalam operasi.
Contoh pekerjaan tersebut adalah:
Melakukan pengecekan terhadap pendeteksi indikator tekanan dan temperatur, atau alat pendeteksi indikator lainnya. apakah telah sesuai hasilnya untuk kondisi normal kerja suatu alat. Membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada alat/produk (debu, tanah maupun bekas minyak), Mengikat baut-baut yang kendor , Pengecekan kondisi pelumasan.
Perbaikan/mengganti gasket pada sambungan-sambungan flange yang bocor atau rusak.

E. Perawatan prediktif (predictive maintenance)??
Jawab :
2. Predictive Maintenance
Predictive Maintenance merupakan perawatan yang bersifat prediksi, dalam hal ini merupakan evaluasi dari perawatan berkala (Preventive Maintenance). Pendeteksian ini dapat dievaluasi dari indikaktor-indikator yang terpasang pada instalasi suatu alat dan juga dapat melakukan pengecekan vibrasi dan alignment untuk menambah data dan tindakan perbaikan selanjutnya.

3. Pemeliharaan Terencana & Tak Terencana

Preventive maintenance :
Meliputi 5 kegiatan sbb :
a). Inspeksi. ??
Jawab :
kegiatan pemeliharaan periodik untuk memeriksa kondisi komponen peralatan peralatan produksi dan area sekitar peralatan produksi. Lihat, rasa, dengar, adalah kegiatan pemeliharaan untuk memeriksa kondisi peralatan melalui penglihatan, perasaan dan pendengaran.

b). LRD (lihat, rasa, dengar). ??
Jawab :
kegiatan pemeliharaan untukJenispekerjaan yang termasuk dalam pemeliharaan rutin pada dasarnya
c). Pemeliharaan jalan.??
Jawab :
kegiatan pemeliharaan yang dilaksanakan tanpa mengehentikan kerja peralatan

d). Penggantian komponen kecil.??
Jawab :
kegiatan pemeliharaan yang berupa penggantian komponen kecil.

e). Pemeliharaan berhenti.??
Jawab :
pemeliharaan yang dapat dilakukan hanya pada saat peralatan produksi berhenti.


4.Apa yang dimaksud dgn Preventif Maintenance?? Mean Time Between Failures (MTBF)??
Jawab :
suatu pengamatan secara sistematik disertai analisis teknis-ekonomis untuk menjamin berfungsinya suatu peralatan produksi dan memperpanjang umur peralatan yang bersangkutan. Tujuan preventive maintenance adalah untuk dapat mencapai suatu tingkat pemeliharaan terhadap semua peralatan produksi agar diperoleh suatu kualitas produk yang optimum

MTBF 
Mean Time Beetween Failure (MTBF) adalah istilah dalam perhitungan reliability yang artinya waktu peralatan atau aset atau komponen mulai operasi sampai dengan failure. Misal waktu operasi 2000 jam dan terjadi failure 10 kali, maka MTBFnya adalah :

  • 2000/10 = 200 jam per failure. 
Semakin tinggi MTBFnya maka peralatan cenderung reliable. MTBF di gunakan untuk peralatan yang bisa di lakukan perbaikan seperti compressors, hydraulic system, pompa, motor dan valve. Sedangkan untuk peralatan yang tidak bisa diperbaiki istilah dalam reliability adalah Mean Time to failure (MTTF). Peralatan semacam Circuit board, Lampu jika rusak maka harus ganti baru, peralatan semacam inilah yang masuk MTTF.


5. Apa yang dimaksud dgn Grafik maintenance Cost ??
Jawab :
untuk membuat sebuah grafik dari biaya yang sudah dikeluarkan kemudian membuat hasil reset dari kurva tersebut apakah perusahaan mengalami kerugian atau tidak. mempermudah pembacaan harga perawatan pada saat perawatan mesin. biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki mesin.

6. Apa yang dimaksud dgn Grafik TOTAL MAINTENANCE COST??
Jawab :
Biaya total perawatan mesin lost production , baik perawatan ataupun perbaikan 

7. Apa yang dimaksud dgn Mean Time to Fail (MTTF)??
Jawab :
waktu rata rata gagal dalam keandalan mesin tersebut. sama halnya dengan MTTF

8. Apa yang dimaksud dgn KEANDALAN (RELIABILITY)??
Jawab :
  • Reliability sendiri artinya kemungkinan dari suatu system atau komponen untuk dapat memenuhi fungsi yang dibutuhkan, pada kondisi tertentu dan pada periode waktu tertentu (Institute of Electrical and Electronics Engineers, IEEE 90). faktor keandalan mesin
  • Konsep  keandalan sistem  digunakan untuk  mengoperasikan mesin secara optimal dan mengantisipasi munculnya kecelakaan ataupun breakdownl.  Keandalan mesin juga bergantung kepada keandalan komponen-komponen penyusun mesin tersebut

9. Apa yang dimaksud dgn Probabilitas??
Jawab :
suatu nilai yang digunakan untuk mengukur tingkat terjadinya suatu kejadian yang acak kemungkinan-kemungkinan yang sering terjadi.Kata probabilitas itu sendiri sering disebut dengan peluang atau kemungkinan. Probabilitas secara umum merupakan peluang bahwa sesuatu akan terjadi.


10. Apa yang dimaksud dgn Konsep Availability (Ketersediaan)??
Jawab :
Availability merupakan aspek yang menjamin bahwa data tersedia ketika dibutuhkan. Dapat dibayangkan efek yang terjadi ketika proses penawaran sedang dilangsungkan ternyata sistem tidak dapat diakses sehingga penawaran tidak dapat diterima. Ada kemungkinan pihak-pihak yang dirugikan karena tidak dapat mengirimkan penawaran, misalnya. Hilangnya layanan dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari benca alam (kebakaran, banjir, gempa bumi), ke kesalahan sistem (server rusak, disk rusak, jaringan putus), sampai ke upaya pengrusakan yang dilakukan secara sadar (attack). Pengamanan terhadap ancaman ini dapat dilakukan dengan menggunakan sistem backup dan menyediakan disaster recovery center (DRC) yang dilengkapi dengan panduan untuk melakukan pemulihan (disaster recovery plan).
11. Apa yang dimaksud dgn Redundancy??
Jawab :
Redundancy adalah kemampuan suatu sistem untuk tetap berfungsi dengan normal walaupun terdapat elemen yang tidak berfungsi. Hal ini biasanya dicapai dengan memiliki komponen backup yang berfungsi sama dengan elemen sistem.

12. Apa yang dimaksud dgn KETERAWATAN (MAINTAINABILITY)?? Mean Time To 
Repair (MTTR)??
Jawab :

Karakteristik desain dan instalasi yang dinyatakan dengan probabilitas dari kemampuan item diperbaiki pada kondisi tertentu dalam periode waktu tertentu, dimana maintenance dilakukan sesuai dengan prosedur dan sumbernya
Dengan demikian, pengertian (M) :
Maintainability adalah karakteristik inherent dari suatu sistem atau rancangan produk yang dinyatakan dalam hubungannya dengan faktor-faktor dari maintenance frequency, time, labor-hour dan maintenance cost
Sehingga Maintainability terkait dengan kecepatan, keakurasian, safety dan ekonomis dari kegiatan maintenance.
Aspek System dan Ukuran Maintainability
• Mean Time Between Maintenance (MTBM) yang meliputi preventive dan corrective maintenance termasuk MTBF
• Mean Time Between Replacement (MTBR) (dikembangkan pada tingkat kebutuhan spare part)
• Maintenance Downtime (MDT), total waktu sistem tidak bekerja termasuk mean active maintenance time, logistic delay time (LDT) dan administrative delay time (ADT)
• Turnaround time (TAT), elemen waktu yang diperlukan untuk servis, perbaikan kecil, dan check out
• Maintenance labor hours per system/product operating hour



• Maintenance cost per system/product operating hour


MTTR (mean time to repair) : waktu rata-rata yang diperlukan untuk melakukan perbaikan terhadap terjadinya breakdown suatu mesin. Rumus sederhananya: MTTR = Jumlah total waktu (jam/menit/detik) breakdown (waktu untuk perbaikan) / frekuensi terjadinya breakdown



13. Apa yang dimaksud dgn KESALAHAN MANUSIA (HUMAN ERROR)?? pada manajemen perawatan
Jawab :

Human error didefinisikan sebagai suatu keputusan atau tindakan yang mengurangi atau potensial untuk mengurangi efektifitas, keamanan atau performansi suatu sistem (Mc. Cormick 1993). Menurut Peters, human error adalah suatu penyimpangan dari suatu performansi standart yang telah ditentukan sebelumnya, yang mengakibatkan adanya penundaan waktu yang tidak diinginkan, kesulitan, masalah, insiden, kegagalan. Namun pada penyelidikan lebih lanjut human error dapat dikategorikan juga sebagai ketidaksesuaian kerja yang bukan hanya akibat dari kesalahan manusia, tetapi juga karena adanya kesalahan pada perancangan dan prosedur kerja.
Kesalahan yang diakibatkan oleh faktor manusia kemungkinan disebabkan oleh pekerjaan yang berulang-ulang (repetitive work) dengan kemungkinan kesalahan sebesar 1% (Iftikar Z. Sutalaksana,1979). Adanya kesalahan yang terjadi yang disebabkan oleh pekerjaan yang berulang ini sedapat mungkin harus dicegah atau dikurangi, yang tujuannya untuk meningkatkan keandalan seseorang dengan menurunnya tingkat kesalahan yang terjadi. Sehingga perlu dilakukan perbaikan performansi manusia untuk mengurangi laju kesalahan. Laju kesalahan (error rate) yang besarnya 1 dalam 100 terjadi dengan kemungkinan 1%. Apabila hal semacam ini terjadi maka dapat dikatakan bahwa kondisi dalam keadaan baik.

0 komentar:

SHARE

>

CHEAT POINT BLANK 2016 DAN CHEAT DUEL OTAK DOWNLOAD DISINI

KLIK LINK DI BAWAH INI ANDA AKAN DI ALIHKAN PADA DOWNLOAD CHEAT POIINT BLANK TERSEDIA JUGA CHEAT AYODANCE




Langsung ke TKP AJA Download sini !!! link 1 link 2

PP Jelenovic

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Like Ya Gan.