BLOGWALKING CLICK ADVERTISEMENT AND FOLLOW TWITTER

SEARCH ARTIKEL

GABUNG DISINI !!!

Gabung hanya di sini klik iconnya terimakasih ???

DOWNLOAD VIDEO NARUTO

DESKRIPSI BLOG

Terima kasih sudah berkunjung di www.febrielektro.blogspot.com

jika anda ingin mencopas postingan di blog maka harus mencantumkan link postingan atau di post komentar,

disini blog kami membahas tentang kumpulan tutorial cheat engine, tips cinta, dimana membahas kumpulan pin bbm cewek atau cowok terbaru, berbagai artikel tersedia di sini, kalkulus matematika tapi disini saya lebih menitik beratkan pada update pin bbm setiap sebulan sekali atau lebih, dan artikel terkait tentang pengalaman pribadi blog ini

salam kreatif febrielektro.blogspot.com

jangan lupa berkunjung kembali

terima kasih banyak


Kunjungi Juga

Jumat, 07 Februari 2014

BAB 1 SEKILAS TENTANG BAHASA C

1.1 Sejarah Dan Ruang Lingkup Bahasa C

            Akar dari bahasa C adalah Bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richards pada tahun 1967. Bahasa ini memberikan ide kepada Ken Thompson yang kemudian mengembangkan bahasa yang disebut dengan B pada tahun 1970. Perkembangan selanjutnya dan bahasa B adalah bahasa C oleh Dennis Ritchie sekitar tahun 1970-an di Bell Telephone Laboratories Inc. ( sekarang adalah AT&T Bell Laboratories).            Bahasa C pertama kali digunakan pada komputer Digital Equipment Corporation PDP-11 yang menggunakan sistem operasi UNIX.
            C adalah  Bahasa standar, artinya suatu program yang di tulis dengan versi bahasa c tertentu akan dikomplikasi dengan bahasa C yang lain dengan sedikit modifikasi. Standar bahasa C yang asli adalh standar UNIX. Sistem operasi kompiler C dan seluruh program aplikasi UNIX yang esensial ditulis dalam bahasa C. Patokan dari standar UNIX ini diambilkan dari buku yang ditulis oleh Brian Kerninghan dan Dennis Ritchie berjudul “The C Programming Language”. Diterbitkan oleh Prentice Hall tahun 1978. Deskripsi C dari Kerninghan dan Ritchie ini kemudian dikenal secara umum sebagai “K&R C”.

            Kepopuleran bahsa c membuat versi-versi dari bahasa ini banyak dibuat untuk komputer mikro. Untuk membuat versi-veris tersebut menjadi standar. ANSI (American National Standars Instinite) membuat suatu komite (ANSI committee XJ11) pada tahun 1983 yang kemudian menetapkan standar ANSI untuk bahasa C. Standar ANSI ini didasarkan kepada standar UNIX yang diperluas. Standar ANSI menetapkan sebanyak 32 buah kata-kata kunci (Keywords) standar. Versi-versi bahasa C menyediakan paling tidak 32 kata-kata kunci dengan sintaks yang sesuai dengan yang ditentukan oleh standar,maka dapat dikatakan mengikuti standar ANSI. Buku ajar ini didasarkan pada bahasa C dari standar ANSI.
            Pada saat ini C merupakan bahsa pemograman yang sangat populer didunia. Banyak pemograman yang dibuat dengan bahasa C seperti assembler,interpreter,program paket,sistem operasi,editor,kompiler,program buntu,Word star,Dbase, aplikasi untuk bisnis, matematika,dan game, bahkan ada pula untuk menerapkannya untuk kecerdasan buatan.
            Dalam beberapa literatur bahasa C digolongkan sebagai bahasa tingkat menengah. Penggolong ke dalam bahasa tingkat menengah bukanlah bahwa bahasa C lebih sulit dibandingkan dengan bahasa tingkat tinggi seperti PASCAL atau BASIC. Demikian juga bahasa C bukanlah bahasa yang berorientasi pada mesin seperti bahasa mesin dan assembly. Pada kenyataannya bahasa C mengkombinasikan eleman dalam tingkat tinggi dan bahasa tingkat rendah. Kemudian dalam membuat program yang ditawarkan pada bahasa tingkat tinggi dan kecepatan eksekusi dari bahsa tingkat rendah merupakan tujuan diwujudkannya bahasa C.

1.2 Kelebihan dan Kelemahan C

Beberapa kelebihan dari bahasa C
1. Bahasa C tersedia hampur disemua jenis komputer,baik mikro, mini maupun komputer besar ( mainframe computer).

2. kode bahasa C bersifat portabel. Suatu aplikasi yang ditulis dengan bahasa C untuk suatu komputer tertentu dapat digunakan di komputer lain hanya dengan sedikit modifikasi.

3. beberapa struktur data dan pengendalian proses disediakan dalam bahasa C sehingga memungkinkan untuk membuat program yang terstruktur. Struktur bahasa yang baik, selain mudah dipelajari juga memudahkan dalam pembuatan program, pelacakan kesalahan program dan akan menghasilkan dokumentasi program yang baik.

4. dibandingkan dengan bahsa mesin atau assembly. C jauh lebih mudah dipahami dan pemrogram tidak perlu mengetahui mesin komputer secara detail. Dengan demikian tidak akan menyita waktu yang terlampau banyak dalam menyelesaikan suatu masalah. Ke dalam bentuk program. Hal ini dikarenakan C merupakan bahasa yang berorientasi pada permasalaha, bukan berorientasi pada mesin.

5. C lebih memungkinkan memanipulasi data dalam bentuk bit maupun byte. Disamping ini juga memungkinkan untuk memanipulasi alamat dari suatu data atau pointer.

Adapun kelemahan bahasa C yang dirasakan oleh para pemula bahasa C

1. banyaknya operator serta fleksibilitas penulisan program kadang-kadang membingungkan pemakai. Kalau tidak dikuasia sudah tentu akan menimbulkan masalah.
2. Para pemogram C tingkat pemula umumnya belum pernah mengenal pointer dan tidak terbiasa menggunakannya padahal keampuhan C justru terletak pada pointer.

Kesulitan yang diuraikan didepan akan bersifat sementara saja. Kalau para pemula C mau mempelajarinya, sebenarnya tak ada yang dikatakan sulit sekalai mengenai C. Mereka yang sudah terbiasa justru mengatakan bahawa beekrja dengan C sangta menyenangkan. Pepatah mengatakan “Di mana ada kemauan disitu ada jalan”. Dan “jika tak kenal maka tak sayang”.

1.3 Program Komplikasi dan Linking Program C

            Agar suatu program dalam bahasa pemograman dapat dimengerti oleh komputer,program haruslah diterjemahkan dahulu kedalam kode mesin. Adapun penerjemah yang digunakan busa berupa interpreter atau kompiler.
            Interpreter adalah suatu jenis penerjemah yang menerjemahkan baris per baris intruksi untuk setiap saat. Keuntungan pemakaian interpreter, penyusun program relatif lebih cepat dan bisa langsung diuji sekalipun masih ada beberapa kesalahan secara kaidah dalam program. Sedangkan kelemahannya, kecepatannya menjadi lambat sebab sebelum suatu intruksi yang dijalankan selalu harus berada dalam memori. Jadi memori selalu digunakan baik untuk program maunpun interpreter. Di samping ini program sumber (source program) yaitu program aslinya tidak dapat dirahasiakan (orang lai selalu bisa melihatnya).
            Kebanyakn versi C yang beredar dipasaran menggunakan penerjemah berupa kompiler. Kompiler merupakan jenis penerjemah yang lain. Dengan cara kerjanya yaitu. Menerjemahkan seluruh inturksi dalam program sekaligus. Proses pengkompilasian ini cukup dilakukan sekali saja. Selanjutnya hasil penerjemahan (setelah melalui tahapan yang lain) bisa dijalankansecara langsung tanpa tergantung lagi oleh program sumber maupun kompilernya. Keuntungannya. Proses eksekusi dapat berjalan dengan cepat. Sebab tak ada lagi proses penerjemahan. Disamping itu, program sumber bisa dirahasiakan, sebab yang dieksekusi adalah program yang sudah dalam bentuk kode mesin. Sedangkan kelemahannya, proses pembuatan dan pengujian membutuhkan waktu releatif lebih lama. Sebab ada waktu untuk menkompilasi (menerjemahkan) dana ada pula waktu melakukan proses linking. Perlu pula diketahui, program akan berhasil dikompilasi hanya jika program tak mengandung kesalahan secara kaidah sama sekali.
            Proses dari bentuk program sumber C (source program, yaitu program yang ditulis dalam bahasa C). Hingga menjadi program yang executable (dapat dieksekusi secara langsung) ditunjukan pada gambar berikut
           
                                   





EDITOR

EDITOR
                                                                                                                    


FILE INCLUDE
(FILE JUDUL)
FEBRI

KOMPILER

FILE PUSTAKA
(library file)

FILE OBJEK

FILE OBJEK LAIN

LINKER

FILE EXECUTABLE

FILE PROGRAM
SUMBER
YANTO R
 

















                                                Gambar 1.1 Proses kompilasi-linking dari program C.

Keterangan gambar:
1. pertama-tama program C ditulis dengan editor. Program ini disimpan dalam file yang disebut file program (dengan ciri utama memilik ektensi .c)
2. File include ( umumnya memilik ektensu .h misalnya stdio.h, atau biasa disebut dengan file judul (header file) berisi kode yang akan dilibatkan dalam program c ( pada program tertentu bisa saja tidak melibatkan file include).
3. Berikutnya, kode dalam file program sumber maupun kode file include akan dikompilasi ileh kompiler menjadi kode .obj, atau .o (bergantung kepada lingkungan/environtment sistem operasi yang dipakai). Kode obyek berbentuk kode mesin, oleh karena itu tidak dapat dibaca oleh pemogram akan tetapi kode ini sendiri juga belum bisa dipahami komputer
4. Supaya bisa dimengerti oleh komputer, maka objek bersama-sama dengan kode objek lain (kalau ada) dan isi file pustaka (library file, yaitu file yang berisi ruitn untuk melaksanakan tugas tertentu. File ini disediakan oleh pembuat kompiler, biasanya memilik ektensi .lib) perlu dikaitkan (linking) dengan menggunakan linker. Membentuk sebuah program yang ececutable (program yang dapay dijalankan/ dieksekusi secara langsung dalam lingkungan sistem operasi ).
5. Program hasil linker ini disimpan dalam file disebut file executable yang biasanya berekstensi .exe

1.4 Struktur penulisan program C
             Untuk dapat memahami bagaimna suatu program ditulis , maka struktur dari program harus dimengerti terlebih dahulu. Tiap bahasa komputer mempiunyai struktur program yang berbeda. Struktur program memberikan gambaran secara luas, bagaimana bentuk program secara umum.
            Program C pada hakekatnya tersusun atas sejumlah blok fungsi.sebuah program minimal mengandung sebuah fungsi. Fungsi pertama yang harus ada dalam program C dan sudah ditentukan namanya adalah main (). Setiap fungsi terdiri atas satu atau beberapa pernyataan fungsi (sering disebut tubuh fungsi) diawali dengan tanda kurung kurawal buka ({) dan di akhiri dengan tanda kurawal tutup (}). Diantara kurung kurawal itu dapat dituliskan statemen2 program C. Namun pada kenyataannya suatu fungsi bisa saja tidak mengandung pernyataan sama sekali. Walaupun fungsi tidak memilik pernyataan, kurung kurawal haruslah tetap ada. Sebab kurung kurawal mengisyaratkan awal dan akhir definisi fungsi. Berikut ini adalah struktur program C

Main ()
{
statemen-statemen;
}

Fungsi_fungsi_lain()
{
Statemen-statemen;
}
Bahasa C dikatakan sebagai bahasa pemrograman terstruktur karena strukturnya menggunakan fungsi-fungsi sebagai program2 bagiannya (subroutine). Fungsi2 yang ada selain fungsi utama (main () ) merupakan program2 bagian. Fungsi fungsi ini dapat ditulis setelah fungsi ini dapat ditulis setelah fungsi utama atau diletakkan di file pustaka (library). Jika fungsi fungsi diletakkan di file pustaka dan akan dipakai disuatu program, maka nama file judulnya (header file) harus dilibatkan dalam program yang menggunakannya dengan proprocessor directive berupa #include.

1.5 Pengenalan fungsi fungsi dasar
1. Fungsi main ()
            Pada program C, main () merupakan fungsi yang istimewa. Fungsi main () harus ada pada program, sebab fungsi inilah menjadi titik awal dan titik akhir eksekusi program. Tanda { diawal fungsi menyatakan awal tubuh fungsi dan sekaligus awal eksekusi program, sedangkan tanda } di akhir fungsi merupakan akhir tubuh fungsi dan sekaligus akhir eksekusi program. Jika program terdiri ata lebih dari satu fungsi, fungsi main () biasa ditempatkan pada posisi yang paling atas dalam pendefinisian fungsi. Hali ini hanya merupakan kebiasaan. Tujuannya untuk memudahkan pencarian terhadap program utama bagi pemrogram. Ajdi bukanlah merupakan suatu keharusan.


                                                                   ii
BAB I. PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Bahasa komputer telah melalui evolusi yang dramatis sejak komputer yang pertama dibuat untuk bantuan dalam kalkulasi sejak perang dunia ke dua. Awalnya programmer bekerja dengan instruksi komputer yang sangat primitif yaitu machine language (bahasa mesin).
Pada bahasa mesin instruksi-instruksi terdiri dari suatu kalimat yang panjang yang berupa tulisan 1 (satu) dan 0 (nol). Selanjutnya assembler digunakan untuk memetakan instruksi mesin ke mnemoniscs yang dapat dibaca dan ditangani oleh manusia seperti ADD dan MOV.
Kemudian, lahirlah bahasa tingkat tinggi seperti BASIC dan COBOL. Bahasa ini memungkinkan orang bekerja dengan sejumlah kata dan kalimat tertentu dalam seperti Let I=100. Instruksi ini akan diterjemahkan kembali menjadi bahasa mesin dengan mengunakan suatu interpreter ataupun compiler. Suatu interpreter bekerja dengan menterjemahkan baris program sesaat dibaca, mengubahnya menjadi bahasa mesin, dan menjalankannya.
Compiler bekerja dengan menterjemahkan program menjadi suatu bentuk intermediasi. Tahap ini disebut sebagai Compiling dan menghasilkan suatu file object. Kemudian compiler akan membangkitkan linker, yang mana akan mengubah file object menjadi suatu program yang executable (dapat dijalankan langsung). Karena interpreter membaca kode sambil menjalankan baris per baris, maka interpreter terasa lebih mudah oleh programmer dalam menggunakannya. Dengan adanya tambahan langkah pada Compiler seperti tahap compiling dan lingking pada kode, sehingga terasa kurang nyaman.
Compiler akan menghasilkan suatu program yang sangat cepat pada saat dijalankan karena waktu untuk menterjemahkan program telah dihilangkan. Keuntungan dari suatu Compiler adalah menghasilkan program executable yang tidak tergantung kepada program sumber. Sedangkan pada interpreter anda harus menjalankannya dengan menggunakan program sumber.
                                                            1
Untuk beberapa tahun, prinsip utama dari programmer komputer adalah menulis suatu kode yang sependek mungkin, dan dapat dijalankan dengan cepat. Program tersebut harus berukuran kecil karena memori komputer sangat mahal, dan harus cepat karena tenaga pemrosesesan (CPU) sangat mahal.
Setelah komputer menjadi semakin kecil, murah dan cepat, dan harga dari memori telah jatuh. Prioritas ini telah berubah. Sekarang biaya tenaga programmer jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga komputer yang digunakan dalam bisnis. Program yang ditulis dengan baik dan mudah ditangani adalah suatu yang bernilai tinggi. Mudah ditangani artinya adalah pada saat kebutuhan bisnis berubah, program dengan mudah dapat dikembangkan tanpa adanya biaya yang sangat besar.


1.2       TUJUAN
1.      untuk dapat membuat program-program yang lebih kompleks dengan dasar mata kuliah Dasar Algoritma dan Pemrograman
2.      Mahasiswa mengetahui dasar-dasar dari pemrograman C++
3.      Mahasiswa dapat mendefinisikan suatu variabel






2
PEMBAHASAN
2.1. Pengertian C++
C++ adalah sebuah bahasa pemrograman yang memiliki banyak dialek, seperti bahasa orang yang banyak memiliki dialek. Dalam C++, dialek bukan disebabkan oleh karena si pembicara berasal dari Jepang atau Indonesia, melainkan karena bahasa ini memiliki beberapa kompiler yang berbeda. Ada empat kompiler umum yaitu : C++ Borland, C++ Microsoft Visual, C/386 Watcom, dan DJGPP. Anda dapat mendownload DJGPP atau mungkin saja anda telah memiliki kompiler lain.
Setiap kompiler ini agak berbeda. Setiap kompiler akan dapat menjalankan fungsi fungsi standar C++ ANSI/ISO, tetapi masing masing kompiler juga akan dapat menjalankan fungsi fungsi nonstandard (fungsi fungsi ini, agak mirip dengan ucapan yang tidak standar yang diucapkan orang diberbagai pelosok negeri. Sebagai contoh, di New Orleans kata median disebut neutral ground). Kadang kadang pemakaian fungsi nonstandard akan menimbulkan masalah pada saat anda hendak mengkompilasi kode sumber data (source code) (yaitu program berbahasa C++ yang ditulis oleh seorang programer) mempergunakan kompiler yang berbeda. Tutorial ini tidak terlepas dari masalah seperti itu.
Bila anda belum mempunyai sebuah kompiler, disarankan agar anda segera memiliki sebuah kompiler. Sebuah kompiler sederhana sudah cukup untuk dipergunakan oleh anda dalam mengikuti tutorial ini.
Bahasa pemrograman C++ adalah bahasa yang amat berbeda. Untuk kompiler C++ berbasis DOS, akan memerlukan beberapa kata kunci (keywords); keyword sendiri tidak cukup untuk difungsikan sebagai input dan output. Walau hampir semua fungsi dalam file library tampaknya bias diakses oleh header filenya. .      Hello World



                                                                        3

Berikut ini contoh program C++ yang sederhana
#include <iostream.h>
void main()
{
cout << “Hello world.\n”;
}

Setelah dicompile dan dirun, hasilnya adalah muncul pada layar Hello World.
       
                       
2.1.1 Pustaka dasar C++
Dalam bahasa pemrograman C++, Pustaka Dasar adalah kumpulan class dan fungsi yang menjadi inti bahasa pemrograman C++. Pustaka Dasar C++ terdiri dari container umum dan fungsi untuk memanipulasinya, string dan stream (termasuk fungsi untuk antarmuka pengguna serta fungsi untuk menulis dan membaca file (file I/O)), serta fungsi-fungsi yang sering digunakan seperti fungsi untuk mencari akar kuadrat dari sebuah bilangan. Pustaka Dasar C++ sudah termasuk Pustaka Dasar ISO C90 untuk bahasa pemrograman C. Fitur-fitur dalam Pustaka Dasar C++ dinyatakan dalam namespace std.
Pustaka Pola Dasar (The Standard Template Library atau STL) adalah bagian dari Pustaka Dasar C++. Pustaka Pola Dasar C++ terdiri dari container, algorithm, iterator dan lain sebagainya. Orang kadang menyebutkan Pustaka Dasar C++ dan Pustaka Pola Dasar C++ untuk merujuk pada hal yang sama.
Kepala (header) untuk penggunaan Pustaka Dasar C++ ditulis tanpa akhiran .h.



                                                                        4
2.1.2. Penulisan Dalam Bahasa C++
Penulisan dalam bahasa C++ adalah case sensitive. Yang berarti, C++ membedakan huruf kecil dan kapital. Yang berarti (lagi): variabel_pertama tidak sama dengan variabel_Pertama atau mboknya_echi tidak sama dengan mboknya_Echi.
Komentar dalam C++ ditulis dengan ‘//’ untuk komentar dengan panjang satu baris atau ‘/*’ dan ‘*/’ untuk komentar lebih dari satu baris, dimana tanda /* merupakan “pembuka” komentar dan */ adalah “penutup” komentar. Komentar adalah cataatan ang ditulis oleh programmer untuk sebagai pengingat atau penjelasan ketika membaca sebuah kode. Kata – kata dalam sebuah komentar tidak akan dieksekusi oleh compiler.
Beberapa kesalahan dalam penulisan dalam C++ adalah:
• int int; /*salah karena nama sebuah variabel tidak boleh sama dengan seuah tipe data (int)*/
• int Jam_9; //salah karena nama variabel dimulai dengan huruf besar
• int 90jam; /*nah, ini juga salah karena nama sebuah variabel tidak boleh dimulai dengan bilangan*/
Penulisan yang benar dalam C++ adalah:
• int myint; //betul
• char kata_2; //betul juga...
• double bilangan_KeDuA; /*walaupun nama identifiernya aneh, tapi ini juga betul :) */
Setiap statement dalam C++ harus diberi tanda ‘;’ pada akhir dari statement. Contoh penulisan statement yang benar dalam C++ adalah:
int a, b, c;
a = 1;
                                                                        5

b = 2;
c = a + b;
Sedangkan penulisan yang salah adalah:
int a, b, c
karena itu dianggap error oleh compiler, karena merupakan statement yang tidak lengkap.
2.2. FUNGSI
Fungsi adalah sekumpulan perintah operasi program yang dapat menerima argumen input dan dapat memberikan hasil output yang dapat berupa nilai ataupun sebuah hasil perasi.
Nama fungsi yang definisikan sendiri oleh pemrogram tidak boleh sama dengan nama build-in function pada compiler C++.
Fungsi digunakan agar pemrogram dapat menghindari penulisan bagian program (kode) berulang-ulang, dapat menyusun kode program agar terlihat lebih rapi dan kemudahan dalam debugging program.
            Definisi lainnya yang terdapat dari beberapa sumber, Fungsi merupakan bagian dari kode program yang terpisah dari program utama.
Bagain kode program ini di-execute jika diperlukan untuk melakukan tindakan
khusus dalam program. Fungsi banyak dilibatkan dalam program dengan tujuan
untuk mengurangi duplikasi pengkodean dan untuk mempermudah pemahaman.
Secara sederhana terdapat fungsi yang tidak mengambil satu parameterpun dan
menghasilkan void (data yang tidak memiliki nilai). Namum pada fungsi yang
lain akan mengambil suatu parameter dan mungkin menghasilkan suatu nilai
tertentu.



                                                            6
Parameter merupakan suatu nilai yang di-pass-kan (diseberangkan) pada fungsi yang berguna untuk mengubah operasinya atau untuk menunjukan operasi yang lebih luas. Sebelum fungsi digunakan, fungsi harus dideklarasikan dulu. Deklarasi fungsi (prototype) berguna untuk memberitahukan compiler tentang bagaimana fungsi diambil dan tipe data yang
diambil/dihasilkan. Fungsi dapat dipanggil oleh fungsi yang lain maupun dirinya sendiri (rekursif).

Syntax deklarasi fungsi:
Re_type function_name(parameter);
Parameter berisi pengenal (argument) dan tipe pengenal (argument) yang
berfungsi sebagai masukkan. Masukkan tersebut akan diproses sehingga
dihasilkan nilai tertentu sesuai tipe datanya (re_type).
Syntax fungsi:
Re_type function_name(parameter)
{statement-statement}
Dalam C++, program merupakan kumpulan dari fungsi-fungsi. C++ mempunyai fungsi utama yang disebut main. Fungsi merupakan subprogram dan berguna untuk menjadikan program bersifat modular sehingga dapat digunakan kembali, baik untuk program itu sendiri maupun untuk program lain yang memiliki proses yang sama. Fungsi dibedakan menjadi user-define function (didefinisikan sendiri) dan built-in function (disediakan oleh compiler).






                                                                        7

2.2.1. Header dan Fungsi main()
Beberapa bagian yang harus di perhatikan adalah header dan fungsi. Header adalah dimana kita memasukkan library yang ada dalam C++ kedalam kode program kita. Fungsi adalah “tempat” dimana kita bisa “bereksperimen”. Didalamnya terdapat semua statement yang kita buat. Program yang paling sederhana yang pernah diketahui umat manusia (seram amat kata-katanya) adalah:
#include
using namespace std;
void main ()
{
cout << “Hello, World!\n”; } Pada baris pertama, seperti yang kita lihat, ada perintah #include . Tanda ‘#’ adalah preprocessor directive. Preprocessor directive adalah perintah – perintah yang diberikan kepada compiler untuk melakukan definisi, memasukkan file library, dll. Contoh – contoh dari preprocessor ini adalah:
• #define maximum_number 100000
• #include “fileku.h”
• #ifdef maximum_number
#undef maximum_number
#define maximum_number_2 1000
Itu berarti bahwa kita memasukkan (include) library iostream ke dalam kode program kita. iostream itu adalah header yang dibutuhkan untuk “kegiatan” input dan output dari program. Perintah cout sendiri ada karena kita memasukkan iostream ke dalam kode program kita dan juga using namespace std; dimana ada member cout di dalamnya.
                                                                        8
Berikut beberapa header yang terdapat dalam C++:
• ctime = header waktu
• cstdio = header untuk perintah C seperti printf dan scanf
• cmath = header untuk operasi matematika seperti sin, cos, sqrt, dan tan
• cstring = header untuk memanipulasi string seperti strcpy, strcat, dll

. Jika diperhatikan ada perintah \n pada akhir “kalimat” Hello, World!. Apa itu? ”\n” adalah perintah dalam banyak bahasa pemrograman sebagai baris baru (new line).Jmain () adalah fungsi utama (main) yang harus ada dalam setiap program C++ kita. Di sini yang digunakan adalah dengan main tanpa nilai kembalian dan tanpa paramater. Apa itu nilai kembalian dan apa itu paramater? Saksikan setelah pesan – pesan berikut… eh salah, lihat dalam bab berikutnya
Perintah dengan menggunkan backslash (‘\’) juga ada beberapa jenis, diantaranya:
• ‘\a’ = untuk menghasilkan bunyi alert
• ‘\t’= tabulasi
• ‘\0’ = null terminated dalam array
Tanda ‘{‘ juga harus ada dalam setiap fungsi C++, itu menandakan awal dari fungsi / program dan ‘}’ menandakan akhir dari fungsi / program.




                                                                        9

2.3. Tipe Data
Tipe – tipe data yang dikenal dalam C++ adalah sebagai berikut:
Tipe Bilangan Bula
Tipe Data
Ukuran( dalam bit)
Jangkauan
Int
16 atau 32
-32.767 sampai 32.767
Unsigned int
16 atau 32
0 sampai 65.535
Signed int
16 atau 32
Sama seperti int
Short int
16
-32.767 sampai 32.767
Unsigned short int
16
0 sampai 65.535
Signed short int
16
Sama seperti int
Long int
32
-2.147.483.647 sampai 2.147.483.647
Unsigned long int
32
0 sampai 4.294.967.295
Signed long int
32
Sma seperti long int

Tipe Bilangan Desimal
Tipe Data
Ukuran (dalam bit)
jangkauan
Float
32
Enam digit presisi
Double
64
Sepuluh digir presisi
Long double
80
Sepuluh digit presisi




                                                                        10


Tipe Logika
boolean
adalah tipe yang hanya “menyimpan” nilai “benar” dan “salah” yaitu, true dan false (boolean). Contoh:
bool benar_atau_salah = true;
Tipe Krakter/String
Tipe Data
Ukuran (dalam bit)
Jangkauan
Char
8
-127 sampai 127
Unsigned char
8
0 sampai 255
signed
8
-127 sampai 127

Operator
1.Operator Assigment
            Operator Assigment adalah operator yang berfungsi untuk memasukan (assign)nilai ke dalam suatu variable ataupun konstanta.Operator ini dilambngkan dengan samadengan (=).
2.Operator Unary
Operator
Jenis Operasi
contoh
+
Membuat nilai positif
+9
-
Membuat nilai negative
-9
==
Increment
C++
--
Decrement
C--

                                                                        11

2.4.Operator Binary
            A. Operator Aritmatika
operator
Jenis Operasi
Contoh
=
Penjumlahan
3+4 =7
-
Pengurangan
7-4=3
*
Perkalian
3*4=12
/
Pembagian
10.0/3.0=3.3333
%
Sisa bagi/modulus
13%3=1
           
            B.Operator logika
Operator
Jenis operasi
Contoh
&&
And  (dan)
1&&1 = 1
||
Or (atau)
1||0 = 1
!
Not (negasi)
!0 =1

            C.Operator Relasi
Operator
Jenis operasi
Contoh
Lebih besar
(8>5)=1
Lebih kecil
(8<5)=0
>=
Lebih besar atau sama dengan
(8>=3)=1
<=
Lebih kecil atau sama dengan
(8<=3)=0
==
Samadengan
(8==5)=0
!=
Tidak sama dengan
(8!=3)=1
                                                                                   

12
KESIMPULAN
BAHASA PEMROGRAMAN C++
C++ dan C sebagai bahasa pendahulunya, C merupakan termasuk bahasa pemrograma n tingkat menengah. Pencipta C adalah Brian W. Kernighan dan Dennis M. Ritchie pada tahun 1972. C merupakan bahasa pemrograman terstruktur yang membagi program ke dalam sejumlah blok (sub
program). Tujuannya adalah untuk memudahkan dalam pembuatan dan pengembangan
program. Program yang ditulis dengan C mudah sekali dipindahkan dari satu jenis
mesin ke mesin lain. Hal ini karena adanya standarisasi C yaitu ANSI (American
National Standards Institute) yang menjadi acuan para pembuat compiler C. C++
diciptakan satu dekade setelah C. C++ diciptakan oleh Bjarne Stroustroup dari
Laboratorium Bell, AT&T pada tahun 1983. Pada awalnya C++ diberi nama “A better
C”. Nama C++ sendiri diberinama oleh Rick Mascitti. Adapun  anda ++ berasal dari
operator increment pada bahasa C. 
Keistimewaan C++ adalah karena bahasa ini mendukung OOP
(Object Oriented Programming). Tujuan utama pembuatan C++ adalah untuk
eningkatkan produktivitas pemrogram dalam membuat aplikasi. Kebanyakan pakar
setuju bahwa OOP dan C++ mampu mengurangi kompleksitas terutama program yang
terdiri dari 10.000 baris lebih, bahkan dapat meningkatkan produktivitas 2x
lipat dari C, Pascal dan Basic.

B       Program C++
Program C++ dapat dibuat menggunakan sebarang editor
teks maupun editor sekaligus compilernya. Program utama berekstensi (.CPP). Pada
saat kompilasi program utama bersama dengan file header (.h) akan diterjemahkan
oleh compiler menjadi file obyek (.OBJ). Selanjutnya file obyek ini bersama-sama
dengan file obyek lain dan file library (.LIB) dikaitkan menjadi satu oleh
linker. Hasilnya adalah file (.EXE) executable. 
                                                            13
C.      Compiler C++
Compiler C++ yang telah beredar di pasaran antara lain
Microsoft C/C++ dan Visual C++. Keduanya dari Microsoft. Sementara Borland
international juga mengeluarkan Turbo C++ dan Borland C++.




Anda sudah memiliki kompiler Dev-C++ 5, tetapi anda masih awam memahami bahasa pemrograman C/C++. Jangan khawatir, di artikel ini serta artikel selanjutnya saya akan membimbing anda untuk belajar C/C++ dari benar-benar awam sampai intermediate. Saya pun masih belajar bahasa pemrograman C/C++. Jika anda belum punya, dapat anda unduh program tersebut di sini, Dev-C++ 5. 

Untuk lebih lanjut mengenai pengertian bahasa pemrograman C/C++, bisa anda temui pengertian serta penjelasannya di situs ini,wikipedia:c/c++.
Didalam pemrograman C/C++, ada beberapa fungsi utama yang pertama kali dijalankan pada saat file *exe dijalankan. Yaitu, main(), WinMain(), dan DllMain(). Untuk fungsi main(), biasanya digunakan untuk membuat aplikasi berjenis console. Yaitu aplikasi yang memiliki interface seperti DOS atau bila anda sudah mengenal tampilan Command Prompt seperti itu. Untuk fungsi WinMain(), biasanya digunakan untuk aplikasi berjenis GUI (Graphical User Interface). Yaitu aplikasi yang memiliki interface seperti Task Manager, Registry Editor, dan program lainnya. Untuk fungsi DllMain(), biasanya digunakan untuk membuat aplikasi berbentuk module, atau file berjenis *.dll (Dynamic Link Library). Coba anda perhatikan kode berikut!
#include <conio.h>
#include <stdio.h>
int main()
{
  printf(“Ini adalah aplikasi C/C++ saya.\n”);
  getch();
  return 0;
}
Buat projek baru (File, New, Project…) berjenis Console Applicationbernama Latihan0. Hapus kode yang berasal dari Dev-C++, lalu salin kode di atas ke file main.c, lalu simpan dan compile.
Nah, syntax “#include <conio.h>” atau “#include <stdio.h>” adalah file header yang disertakan dalam proses pembuatan file executable. Mengapa harus diapit oleh simbol < dan >? Karena ketika proses kompilasi, nama header yang diapit oleh simbol tersebut diambil di direktori milik kompiler C++ tersebut. Atau sudah bawaan dari kompiler tersebut. Bisa saja dengan diapit oleh simbol ” dan “. Jika simbol double quote ini digunakan, maka file header yang dicari terlebih dahulu akan dilakukan di current directory atau direktori source file *.C/*.CPP lalu ke direktory kompiler tersebut. Biasanya jika anda ingin membuat file header sendiri, harus diapit oleh double quote/kutip ganda. Fungsi int main() adalah fungsi utama atau EntryPoint program yang pertama kali akan dijalankan. Di dalam fungsi main() terdapat fungsi printf(), di mana fungsi printf() tersebut adalah menampilkan teks ke layar console. Fungsi ini digunakan pada program standard C. Untuk simbol seperti ini ‘\n’ adalah kelompok dari Escape Sequence berjenis NewLine atau baris baru atau karakter ASCII 10. Lihat tabel berikut!
Karakter
Fungsi
\b
Backspace
\f
Formfeed (pindah halaman)
\n
NewLine/Linefeed (baris baru)
\r
Carriage Return
\t
Tabulator
\’
Single Quote/Kutip Tunggal
\”
Double Quote/Kutip Ganda
\\
Backslash
\xnn
Kode ASCII dalam Heksadesimal (nn adalah nilai heksa yang diberikan)
\nnn
Kode ASCII dalam Oktal (nnn adala nilai oktal yang diberikan)
Cukup jelas, bukan? Jadi anda bisa mengubah string di dalam fungsi printf() itu menjadi seperti ini, “Belajar\tC++”, dan “Program\nSaya”. Lalu lihat kode berikut.
#include <conio.h>
#include <stdio.h>
int main()
{
  printf(“Ini karakter \x35.\n”);
  getch();
  return 0;
}
Maka akan menghasilkan. Ini karakter 5., karena heksadesimalnya karakter 5 adalah 35.
Sampai di sini dulu topik tentang belajar c++ ini. Nanti akan saya update lagi.
Semoga bermanfaat.





0 komentar:

SHARE

>

CHEAT POINT BLANK 2016 DAN CHEAT DUEL OTAK DOWNLOAD DISINI

KLIK LINK DI BAWAH INI ANDA AKAN DI ALIHKAN PADA DOWNLOAD CHEAT POIINT BLANK TERSEDIA JUGA CHEAT AYODANCE




Langsung ke TKP AJA Download sini !!! link 1 link 2

PP Jelenovic

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Like Ya Gan.